Profil Dinas

Profil Dinas Selasa, 06 Agustus 2013 - Oleh dishub_acehjaya

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Kebudayaan dan Pariwisata dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehari-hari dibantu oleh 7 pejabat eselon III yaitu  1 orang Sekretaris dan 6 orang kepala bidang.

Luasnya skop tugas dinas, Kepala Dinas mengambil kebijakan otonomi bidan dengan mendelegasi tugas-tugas teknis secara terpadu kepada setiap eselon III (Sekretaris/Kabid). Kepala Dinas mengarahkan agar Kabid lebih berperan aktif dalam pelayanan masyarakat, sehingga tugas lebih berfokus pada kepala bidang untuk kesuksesan sub sektor yan ada pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Aceh Jaya.

Sedangkan sekretaris merupakan unsur penunjang Pimpinan dan sebagai Koordinator untuk tertib admininstrasi sehingga tercipata good govermance.

Dalam melasksanakan tugasnya, Kepala Bidang diberikan hak otonom dalam menjalankan bidang yang dipimpinnya, mengelola anggaran kegiatan, rencana dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dimaksud agar para kepala bidang lebih mandiri, mempunyai kreatifitas serta dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada di bidangnya masing-masing untuk pencapaian kinerja yang bersangkutan.

Kepala Bidang harus menyadari betul wilayah kerjanya adalah sekabupaten Aceh Jaya, Kepala Bidang harus memonitoring dan mengumpalkan data diseluruh Kecamatan dalam kabupaten Aceh Jaya serta memastikan tugas-tugas yang menjadikan kewenangan Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Kebudayaan dan Pariwisata tetap berjalan dengan baik, jika belum telaksana maka kepala bidang harus berinisiatif mencari solusi dan melaporkan kepada kepala dinas. Kepala Dinas mengambil peran utama menetapkan kebijakan-kebijakan strategis menyangkut Rencana Pembangunan Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang agar sejalan dengan visi dan misi Bupati/Wakil Bupati terpilih memastikan Tupoksi yang diamanahkan dalam qanun Kabupaten Aceh Jaya nomor 3 tahun 2010 dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.