Wonderful Ceraceu Ie Mboen Aceh Jaya

Sabtu, 05 November 2016 Wisata & Lingkungan

Oleh dishub_acehjaya

Pasi Raya, Ceuraceu Ie Mboen  Kawasang pergunungan dengan kesejukan air terjung alami dan juga  berbagai kesejukan kelestarian ekosistem alam  menawarkan berbagai ketertarikan bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

Menempuh perjalan pajang dengan menggunakan armada  taransportasi nelayan sungai milik masyarakat dengan jarak tempuh sekitar 8 Km dari Gampong Sarah Raya Kecamatan Pasie Raya memang  sangat melelahkan. Akan tetapi bukan tidak mungkin sesuatu perngorbanan akan terbayar  dengan seribu keindahan, bagai mana tidak Ceurace ie Mboen selain temapatnya yang tergolong stategis jauh dari pemukiman warga tetapi menawarkan berbagai cerita Histori Kenangan bagi setiap  Wisatwan yang berkunjung.

Banyak keindahan alam yangdapat di jumpai di objek destinasi ceraceu Ie Mboen salah satunya. Air Terjun yang mengalir di celah-celah berbatuan hampir disetiap pinggiran sungai, Berbagai jenis satwa sepertiap aneka burung  juga dapat ditemui di rimbutan Pohon kawasan Ceraceu Ie Mboen. Air sungai yang jernir dihiasi batu alam yang sangat cocok untuk mandi sekaligus  memanjakan tubuh mengurangi kepengatan dan letih disaat menempuh perjalanan dan juga dapat merileksasi pikiran yang sebelumnya dibebankan berbagai aktifitas pekejaan.

Satu keistimewaan ceraceu ie mboen  yang dapat dikatakan sangat jarang di jumpai di daerah Perkotaan ataupun desa-desa persisir” Ungkot Keurelking” sejenis ikan Air tawar yang hanya terdapat didaerah Pergunungan yang di aliri air sungai. Ungkot Keureling dapat dikatakan ungkot khas Urung Aceh, bagai mana tidak ungkot keureling yang dimasak dengan Gule Masam Keung dengan campuran berbagai rempah rempah menjadi citra masakan khas ureng aceh khususnya Aceh Jaya, bagi setiap pecinta masakan kuliner gule masam keung tersebut setelah mencicipi akan meninggalkan aroma yang khas dan sangat sulit dihilangkan walupun menggunakan pembersih diterjen sekalipun. Bagi anda yang penasaran dapat lansung datang ke Wonderful Ceuraceu Ie Mboen. RK46